Saturday, December 22, 2007

Nasionalis?


Fiuh.. mungkin gw telat banget kali ya buat ngebahas ini. Um.. gw baru aja nonton kick andy, streaming di web-nya dia.. sayang banget exact URL-nya susah di track jadi ga bisa di donlot dan disimpen rapi di harddisk bersama file2 pelem donlotan kartun, series, dan ga ketinggalan bokep2 ria.

Err.. topiknya emang unik sih. Salut sama tim kreativ-nya kick andy. Jadi ini tentang bule2 yang rasa nasionalismenya ke indo bener2 ajegile. Walo bule emang bukan barang baru buat gw (menimbang kenyataan bahwa pacar pertama gw itu bule, dan juga kenyataan hidup gw skrg dimana gw emang mau ga mau harus berinteraksi dengan bule), tapi tetep aja.. bule itu menjadi tema yang signifikan apalagi klo udah disambung2in dengan Indonesia, dimana.. gw amat sangat tidak mau melanjutkan kehidupan (dalam artian mencari penghidupan) di Indonesia.

Gw malu sebenernya buat nulis ini, malu ama diri gw sendiri yang lebih prefer sama Negara orang dan terkadang berkata kalo Indonesia itu a big no no. nonton kick andy yang tadi tampaknya bakal sedikit banyak merubah pandangan gw sebagai orang indo dan berusaha untuk lebih numbahin rasa nasionalisme gw.

Ceritanya dibuka dengan seorang presenter acara di indo namanya Wahyu Suparno Putra, seorang bule aussie. Awalnya gw ngeliat ni bule hiperaktiv banget dan rada annoying, tapi harus gw akuin bahasa indonya luwes banget dan komentar2nya bener2 spontan. Terus.. dilanjutkan dengan nonton lakon wayang yang dimaenin sama Ki Gaura. Dia juga keturunan aussie yang sudah jadi warga Indonesia semenjak 2004 dan dapet gelar GKR (Gusti Kanjeng Raden, klo ga salah lo ya) dari sinuwun. orangnya tenang dan filsafatnya dalem dan nusuk. Setidaknya gw merasa banyak filsafat jawa yang dia bilang nusuk nancep di hati gw. Bahasa jawa yang flawless, pola pikir yang bijak, dan diakhiri dengan kata “MERDEKA” diujung perbincangan dengan dia. Skali lagi, tamparan keras di pipi gw yang asli Indonesia dan –jujur- suka malu untuk tereak “merdeka” ala pejuang jadul.

Selanjutnya.. ada cewe manis yang klo ga diperatiin sih ga kentara klo dia bukan orang indo. *apa gara2 windownya kecil ye?* dia nariin tari serimpi sama bedoyo. Tari yang bener2 sakral, dan sangat jarang orang yang bisa nari karna ke-ekslusivannya. Tari ini dulunya hanya boleh ditarikan di keraton, hanya bole diliat oleh sultan doang (jangan takut dan merasa bersalah klo lo ga tau apa itu bedoyo dan serimpi, gw juga baru tau gara2 ni acara. Huiks). Ajaibnya dia bisa dengan kerennya membawakan itu. Lebih ajaib lagi dia bisa bahasa jawa lancar.. dan setiap ngomong banyak kata “anu.. um.. anu” wew. Sungguh njawani!

Yang terakhir ya di wahyu ini diulas lagi. Cowo yang tadi gw anggep ga penting.. tapi bgitu masuk ke segment ini, cukup merubah pandangan gw dan mengingatkan gw atas pepatah lapuk “don’t judge book by its cover”. Dia jauh lebih dalam dr yang gw tebak sebelumnya. Disitu diceritain gemana dia awalnya ke indo sama 4 temennya ke jogja. Akhirnya tiap tahun ke indo.. dan lama2 pengen tetep di indo. Pernah kerja di jogja dan pas di kost-an.. dia kenal sama sekuriti-nya yang pada akhirnya jadi bapa angkatnya sekarang.

“saya merasa “pulang” kalo saya ke Indonesia. Dulu saya klo mau travel kemana2 ya bebas2 aja.. mau ke Europe, amrik, kemana2 ya pergi aja. Tapi semenjak kenal sama kelurga baru saya.. jadi lain. Jadi “pulang” aja kalo ketemu mereka. Papa sama mama baik banget dan udah nganggep saya jadi keluarga. Adek juga kalo ada temennya nanya siapa saya, dia pasti bilang “itu kakak saya”. Ga pernah tuh dia bilang klo gw itu bule nyasar. Jadi.. ya.. please ya Allah, jadikan saya warga Negara Indonesia! Gw ga pengen tinggal di Negara laen, gw pengen di Indonesia aja dengan sgala kekayaan budaya dan kelebihan indo yang lain.. dan juga segala kekurangannya..”

Beuh. Dan gw makin merasa tertampol. Bagaimana bisa gw yang lahir dan besar di Indonesia
malah tidak menghargai kebudayaan sendiri? Memandang sipit kesenian tradisional dan menganggap apa2 yang berbau barat itu tinggi. Mungkin gw ga bisa se-ekstrem itu untuk langsung banting stir dan langsung nyinden, tapi setidaknya sekarang gw menanamkan pola pikir baru untuk ga judgemental, ga pilih2 kebudayaan, dan yang pasti makin nasionalis (tentunya dengan gaya yang ga kampungan-kan disesuaikan dengan umur lol).

4 comments:

Anonymous said...

hmmmmm alex
lu tau sendiri gw penggemar lu dari hati sanubari yg paling dalam
alasannya?
inggris lu bagus hehehehe
trus tulisan lu jg bermakna kyk buku2 filsafat gt dech hahahahaha
but.... too bad gw gak nonton tuh kick andy
hmmmm seru jg kali ya ngedenger penuturan bule2 itu ttg hati mereka akan Indonesia
bisa merinding kali gw kyknya kalo nonton
nasionalis?
gw gak setuju!
kita manusia di seluruh dunia ini gak ada yg beda!
cuma kebudayaan aja yg beda!
so jgn pernah merasa minder apakah kamu indonesia, negro, arab, chinese, blblablablablaba
gw orangnya liberal banget!
tapi masih ingat Tuhan juga hehehehehe walaupun sering bgt bikin dosa..... :|

Anonymous said...

wah? masi ada yang baca! hoahaha.. you dont know how big the smile on my lips knowing that there IS some1 actually reading my "ancient"-yet-not-so-heap-anymore blogg! lol. um.. kirain stelah gw tinggalin blogg ini berbulan2 lamanya.. dah ga ada yang bakal ngecek lagi. hehehe..

oh iya, thx for your time to read and leave your foot print in this blogg (as comment, i DO appreciate it). oh one last thing, sorry for the editing, um.. FS is kinda crappy these days, i copy-paste directly from my editor to this blogg, but then all those weird things happened.. (tiba2 ada new line pdhal belom kelar kalimat, etc).

should I go with the stream for facebook? lol. cheers!

Anonymous said...

gw masih baca kok,
walau ga semuanya kasih komen.
emg bener, add??? (duh siapa c nm kmu???), kita kadang2 ga menyadari kalo memiliki sesuatu yg berharga, sampai sesuatu itu hilang ato lenyap meninggalkan kita.
tetep nuls yah!!!
gw tunggu loh!

Anonymous said...

dear gerry......(kaya yg knal aja)...,
proses lho dewasa sangat cepat di tambah dengan asupan2 dari study dan your sense of humanity till now excellent.....
namun akan ada phase berikutnya yg kita semua tidak tau apa yg akan terjadi as bule say tomorrow is misery....

manusia itu sangat dinamis.......
dan tuhanlah yg kuasa membolak balik hati manusia.......

ada pepatah dr oz

some people make it happend
some people see it happend
some people wondering why it happend

maksut gwa.....gwa bisa melihat itu dari blogg lw.......

keep writing man....
most important is keep being a good man......cheers.....